Tahun Baru Islam

sebentar lagi kita akan memasuki bulan Muharram, bulan yang masuk dalam jajaran bulan-bulan haram ini merupakan bulan yang mulia, bulan yang mana Umar bin al Khaththab berijtihad untuk menjadikannya awal bulan pada penanggalan Hijriah berdasar dengan hijrahnya Rasulullah shalallah alaihi wa sallam ke Madinah namun sayangnya kemulian bulan ini malah sering dinodai dengan hal-hal yang tidak diperintahkan oleh agama.
Salah satu diantaranya adalah merayakannya, yang lebih dikenal dengan perayaan  tahun baru Islam, perbuatan ini kalau kita tinjau dari kaca mata islam, maka ia merupakan  hal yang tidak pernah diperintahkan, baik perintah itu datangnya dari al Kitab dan as Sunnah maupun dari perkataan para sahabat ridwanullah ajma’in, ia hanyalah bentuk tasyabbuh dengan orang-orang kafir dalam merayakan tahun baru mereka, padahal jelas-jelas Rasulullah shalallah alaihi wa sallam melarang kita untuk tasyabbuh dengan orang-orang kafir, dalam sabdanya,” man tasyabbaha bi qoumin fahuwa minhum” (barang siapa yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk golongan mereka). (HR. Abu Daud).

Jadi, kita sebagai umat islam tidak dibenarkan untuk merayakannya dalam bentuk apapun, entah dengan berkumpul di suatu tempat lalu mengadakan acara makan-makan ataupun dengan  mengadakan muhasabah bersama dengan dalih ini, cukuplah kita muhasabah diri-diri kita masing-masing karena muhasabah itu tidak mesti harus di awal tahun, bahkan hendaknya kita selalu bermuhasabah setiap hari, bukan malah melakukan nya secara berjamaah dan diselingi dengan dzikir pula.

About salim

hanya seseorang yang ingin memberikan manfaat untuk orang lain Lihat semua pos milik salim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: