Penelitian: Bahaya Residu Asap Rokok

llMasih tentang rokok, yang sepertinya penduduk negeri ini masih belum sadar juga dengan bahayanya, padahal dengan jelas tulisan yang tertera di bungkus rokok itu sendiri bahwa rokok itu bisa menyebabkan: kanker, impotensi, serangan jantung , gangguan kehamilan dan janin.

Nah, pada postingan kali ini saya cuma ingin mengutipkan kepada anda tentang penelitian mengenai bahayanya residu dari asap rokok itu sendiri,mudah-mudahan saja setelah membaca tulisan ini anda bisa berhenti merokok.

Peringatan ini dikeluarkan oleh Massachusetts General Hospital pada 29 Desember 2008 lalu dalam siaran pers mengenai “third-hand smoke” bukan lagi “second-hand smoke.”

“Third-hand smoke” adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan ada banyak residu racun dari asap rokok yang menempel di baju, anggota tubuh terutama tangan, dan rambut Anda saat merokok. Atau benda-benda lainnya. Residu ini bisa bertahan lama. Nah, kelompok yang paling rentan “merasakan” residu racun-racun alias “third-hand smoke” ini adalah balita.

Para perokok selama ini tidak menyadari residu racun yang menempel di baju bisa berpindah ke balita di rumah. Balita saat masih fase oral akan memasukkan apa saja ke dalam mulutnya, merangkak ke mana saja, menyentuh apa saja.

Mengapa masalah residu itu penting diperhatikan? Menurut National Toxicology Program ada 250 gas-gas beracun, bahan kimia, dan metal, termasuk hydrogen cyanide, karbon monoksida, butane, amonia, toluena (bahan kimia yang umum pada pengencer cat), arsenik, plumbum, chromium (yang digunakan untuk membuat baja), cadmium (yang digunakan untuk membuat batu baterai), dan polonium-210 (bahan penyebab kanker beradioaktif).

Paling tidak 11 jenis senyawa diklasifikasikan sebagai Group 1 carcinogens (senyawa penyebab kanker), senyawa paling berbahaya bagi kesehatan. [www.hidayatullah.com]

About salim

hanya seseorang yang ingin memberikan manfaat untuk orang lain Lihat semua pos milik salim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: