Pemilu 2009

imagesKemarin, serentak diadakan Pemilu yang katanya pesta demokrasi itu.Secara teknis, Pemilu 2009 memakai tata cara baru yang lebih menyulitkan dibanding pemilu sepanjang sejarah Indonesia. Bukan hanya karena kertas suara yang besar dan banyak, namun juga masing-masing pemilih harus menggunakan alat tulis untuk mencentang atau mencontreng pilihannya, bukan dengan mencoblos. Ada tiga cara contreng yang dianggap sah, yaitu mencontreng kolom partai, contreng nomor urut caleg, dan contreng kolom nama caleg. Di luar tiga cara tersebut, suara dianggap tidak sah alias batal.

Pemilu 2009 ini pula tergolong pemilu yang paling rumit. Baik dari teknis pelaksanaan hingga keruwetan daftar pemilih tetap (DPT). Meski jauh-jauh hari peserta pemilu menyerukan perbaikan DPT, hingga hari H pencontrengan ini masih banyak temuan yang menyebutkan DPT amburadul. Salah satu lembaga survey melansir sebanyak 79 kabupaten/kota yang mengalami DPT amburadul.
Terlepas dari kontoversi Fatwa haramnya golput oleh MUI, yang mana ada yang mendukung dan ada juga yang malah sangat tidak setuju dengan di keluarkannya Fatwa tersebut.Ternyata yang golput sebagaimana yang dipaparkan dalam perhitungan suara cepat (quick count) Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis), Jakarta, Kamis (9/4) adalah sekitar 40 %.paling tidak ada dua alasan kenapa golput:

1.karena masyarakat yang mau memilih namun tidak terdaftar,

Hal ini banyak sekali terjadi dan lucunya, yang sudah meninggal pun dapat undangan untuk milih, yang sudah pindah, bahkan dalam satu keluarga ada yang terdaftar dan ada juga yang tidak terdaftar.Hayo…tanggung jawab siapa ini?

2. masyarakat yang tidak mau memilih

Ini pun karena beberapa sebab,

Pertama, Karena golput adalah suatu hal yang wajib melihat dari sistem pemerintahan yang tidak berlandaskan dengan apa yang disyariatkan oleh Allah.

Kedua, Karena melihat caleg-caleg yang ada dipandang tidak layak untuk dipilih.

Indonesia Corruption Watch (ICW) mensinyalir sebanyak 140 caleg tak layak. Di samping itu, Ganti Polbus dan ICW memastikan 89 caleg yang tak patut dipilih karena melakukan praktik tindak pidana korupsi.

Menariknya, data caleg yang melaporkan harta kekayaannya sebanyak 70% berasal dari caleg yang belum masuk di parlemen, sisanya sebanyak 30% caleg dengan usia muda. Sedangkan caleg yang tidak patut dipilih karena korupsi sebanyak 80% anggota parlemen yang terlibat penyelewangan dana APBD.

yah…beginilah potret pemilu di Indonesia.

sumber:

kompas.com

arrahmah.com


About salim

hanya seseorang yang ingin memberikan manfaat untuk orang lain Lihat semua pos milik salim

5 responses to “Pemilu 2009

  • sulaiman

    Masyarakat yang tidak terdaftar dalam DPT, sedangkan orangnya tidak pindah,.. adalah terpaksa atau dipaksa jadi golput. Mengapa pihak RT/RW tidak diajak bekerja sama dalam menyusun DPT. agar lebih akurat. Kalau dalam pemilihan Presiden dan Wakilnya masih juga belum terdaftar, maka cara kerja KPU perlu dipertanyakan?

  • saliem87

    sekali lagi inilah contoh masih tidak becusnya kinerja pemerintah kita.betul tidak?

  • SEMINAR GRATISS

    salam kenal

    ada seminar nih… langsung ke linknya aja yaa.. ni linknya :

  • rismaka

    Udah baca belum akh, yang katanya banyak para caleg minta berkah di tempat2 keramat agar terpilih.. Na’udzubillah… semoga Allah Ta’ala melindungi kita dan negara kita dari caleg2 macam itu…

  • saliem87

    Belum sempat baca.
    Yah, mau bilang apa.ya? yang beginian sih. sudah biasa.
    Inilah Pr2 kita yang belum selesai kita kerjakan, yaitu meluruskan aqidah umat ini kepada aqidah yang benar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: