Al-Qur’an Raksasa dari Palembang

Di Palembang ada sekumpulan pemuda yang  berusaha membuat sebuah al-qur’an raksasa  berukuran panjang 177 cm dan lebar 144 cm serta tebal 2,5 cm.Usaha ini dilakukan selama enam tahun lamanya.Dan beberapa hari yang lalu Al-Qur’an tersebut resmi diterbitkan lengkap 30 juz.

al-quranDi awal usaha pembuatan ini ada banyak sekali kendala yang dihadapi.Diantara kendala yang paling besar dan merupakan hal yang sangat klasik  adalah masalah pendanaan.Bayangkan dana yang dihabiskan untuk pembuatan al-quran raksasa ini adalah sekitar 1,1 miliar rupiah.Wah!angka yang sangat spektakuler untuk ukuran sebuah al-qur’an.

Namun,kendala itu bisa diatasi dengan adanya donatur yang mau menyisihkan uangnya untuk pembuatan al-quran ini.

Setidaknya dari berita ini,mungkin ada kebanggaan tersendiri bagi kita, khususnya orang Indonesia bahwa ada yang berhasil membuat Al-Qur’an raksasa yang mungkin merupakan pertama di Indonesia atau mungkin di Dunia.Namun,di sisi lain kalau kita mau berpikir jernih.Maka,sebenarnya apa manfaat dari ini semua,apa faidah yang bisa di dapatkan oleh masyarakat kita.

Kalau saja uang sekitar 1,1 miliar itu digunakan untuk membeli Al-quran dalam jumlah besar ataukah buku panduan untuk belajar membaca al-qu’ran.Maka,tentu itu lebih baik dan lebih berguna ketimbang hanya dijadikan pajangan belaka dan tidak ada manfaat yang nyata di rasakan.

Yah,begitulah kita saat ini.Pandangan kita lebih kepada materi yang sebenarnya hanyalah kesenangan sesaat saja kita banyak terlupakan dari substansi dari sesuatu.maka.sekaranglah saatnya kita kembali menyegarkan ruh dari makna-makna apa yang kita lihat,kita pikirkan dan apa yang kita rasa.

Catatan:

Cuma sekedar coretan seorang yang baru belajar menulis,mungkin banyak hal-hal yang rada gak nyambung,tapi hal itu tidak mengendorkan semangat yang sudah saya tanamkan di sini,ya…di dada ini, untuk menjadi seorang penulis…

Di tunggu saran dan kritikannya!

sumber:

http://oase.kompas.com/read/xml/2009/05/15/11271794/al.quran.raksasa.karya.pemuda.palembang.diluncurkan

About salim

hanya seseorang yang ingin memberikan manfaat untuk orang lain Lihat semua pos milik salim

2 responses to “Al-Qur’an Raksasa dari Palembang

  • pakulangit

    Akhi… Terima kasih infonya, menurut saya perlu juga sesuatu untuk publikasi, dalam hal ini mengagungkan Al’quran dalam bentuk lain. Secara kandungan Al’quran tiada keraguan didalamnya. Saya malah pikir ini bagus dan luar biasa, ada nuansa perjuangan disana sampai harus mengumpulkan dana sekian banyak. 1,1 milyar dana yang sedikit untuk mengagungkan sebuah kitab suci, bandingkan dengan pembangunan patung Jenderal Sudirman yang menelan 6,6 milyar. Tentu antara Al’quran dengan Sudirman tidak ada kaitanya sama sekali, tapi ini untuk perbandingan nominal dana. Menurut saya wajar ada orang muslim mengagungkan Al’quran, mungkin selain membaca dan mengkajinya cara yang dia pakai ya seperti itu. Masalah uang 1,1 Milyar sebaiknya di belikan Al’quran yang lebih banyak, Insha Alloh kalau itu sudah ada rezekinya… Alloh pasti sudah mengatur sedemikian rupa.

    Sekian, mohon maap kurang dan lebihnya, manusia tak luput salah dan dosa…
    Wassalam…

  • salim

    Saya masih tidak setuju dengan apa yang dilakukan oleh pemuda ini.Mengagungkan Al-Qur’an bukan dengan membuat Al-Qur’an Raksasa yang menghabiskan uang sampai segitu banyaknya.Hal itu malah masuk dalam isyraf (biasa disebut mubadzir) yang dilarang.Saya masih ingat orang tua kita dahulu(dan mungkin hingga sekarang)dengan dalih mengagungkan Al-Qur’an,menyimpan Al-Qur’an di tempat yang jauh dan tinggi dari jangkauan.Walhasil bukannya malah dibaca malahan Al-qur’an tidak disentuh-sentuh sama sekali sampai berdebu.
    Kalau mau mengagungkan Al-Qur’an.Ya,baca ia setiap hari,tadabburi kandungan di dalamnya dan terakhir adalah mengamalkan apa-apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dilarang…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: