Pemanfaatan CD dan DVD bekas

csd2Anda punya CD atau DVD yang tidak terpakai?
kalau ada jangan dibuang!
karena bisa jadi bermanfaat bagi anda nantinya.
Info berikut saya kutipkan dari http://techno.okezone.com/:

HOUSTON – Bahan plastik murah yang biasa dipakai untuk pembuatan CD dan DVD suatu saat bisa dimanfaatkan memperbaiki komponen elektronik di pesawat terbang, komputer, bahkan ponsel cerdas.

Salah satu profesor dari University of Houston menemukan cara bagaimana memanfaatkan plastik murah untuk kepentingan peralatan canggih.

Sciencedaily, Rabu (20/5/2009) melansir, Profesor Shay Curran bersama dengan timnya telah mendemonstrasikan manfaat dari penghantar listrik daya ultra tinggi yang terdapat pada bahan plastik bernama polikarbonat. Bahan ini kemudian dicampur dengan sejumlah bahan plastik jenis karbon nanotube.

Dengan mencampurkan nanotube dengan polikarbonat, Curran dapat menciptakan bahan plastik nanocomposite dengan properti penghantar daya ultra.

“Polikarbonat merupakan bahan plastik non-konduktif. Artinya, bahan ini mampu membawa arus listrik dengan baik,” kata Curran.

“Bayangkan bahan plastik ajaib ini sekarang tidak hanya memiliki properti mekanis dan optik yang baik, tetapi juga karakteristik elektrik yang baik pula. Dengan menyesuaikan kadar nanotube yang bisa ditambahkan pada komposit, kita juga bisa mengubahnya dari bahan silikon konduktivitas menjadi bahan tertentu yang bisa diterima oleh logam,” terangnya.

Dengan begitu, bahan plastik murah berdaya penghantar tinggi ini bisa sangat bermanfaat bagi berbagai macam kebutuhan berhubungan dengan arus listrik, dari mulai kepentingan pesawat militer hingga komputer pribadi.

Curran mencontohkan, untuk komputer yang rusak karena peningkatan panas dan hantaran listrik, dapat diatasi dengan komposit nanotube polimer. Bahan ini diubah menjadi pelindung antistatik untuk mencegah arus listrik dan panas berlebih sehingga dapat memperpanjang umur komputer. Teknologi ini pun berlaku untuk perangkat PC hingga PDA. (srn)

NAh…gimana,masih mau buang CD dan DVD bekasnya?

About salim

hanya seseorang yang ingin memberikan manfaat untuk orang lain Lihat semua pos milik salim

2 responses to “Pemanfaatan CD dan DVD bekas

  • wayan

    mas, punya info gak soal daur ulang CD/DVD di indonesia. apa ada pabrik pengolahannya n seperti apa prosesnya. ttg material plastik polycarbonate yg di pake untuk cakram optik, saya agak bingung bukannya harga resinnya cukup tinggi. trims

  • yogie setiono

    saya nerima mas..tapi cuma bisa ngasih harga di 7500/kg..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: